Cara Mengatur Text Alignment Isi Posting

Pengaturan default text alignment isi posting adalah "align left / rata kiri". Supaya terlihat rapi, ada kalanya kita perlu mengubah text alignment isi posting dari "align left / rata kiri" ke "justify / rata kiri-kanan" atau jenis text alignment lainnya (center dan right).

Pada bagian compose/posting editor memang disediakan fitur untuk mengatur text alignment isi posting. Sayangnya fitur ini hanya bersifat lokal. Lokal disini maksudnya hanya berlaku pada postingan tersebut saja, sedangkan bila kita membuat postingan baru lagi, kita masih perlu mengatur lagi text alignment isi posting yang terbaru ini. Disamping itu kalau blog yang kita buat memakai fitur "read more (otomatis)" belum tentu pengaturan text alignment tadi berlaku pada bagian "summary/ringkasan" dari "read more" tadi.

Untuk mengubah pengaturan default text alignment isi posting dari "align left / rata kiri" ke "justify / rata kiri-kanan" dan sifatnya tidak lokal lagi sehingga berlaku pada semua postingan serta support "read more" maka ikutilah langkah-langkah berikut ini:

1. Login dulu ke Blogger
2. Masuk ke "Tata Letak - Edit HTML"
3. Checklist "Expand Template Widget"
4. Cari kode seperti dibawah ini:
       .post {
       . . .
       }
5. Pada bagian diantara kurung kurawal pada langkah no. 4 diatas cari kode berikut:
       text-align: left;
    kalau tidak ada, tulis saja kode tersebut.
6. Ganti kata "left" pada langkah no. 5 diatas dengan "center" (untuk rata tengah), "justify" (untuk rata kiri-kanan), atau "right" (untuk rata kanan) tanpa diikuti tanda kurung petik.
7. Simpan template dan preview blog kamu

Keterangan
Tutorial ini ditujukan untuk Blogger/Blogspot. Template yang digunakan disini ini adalah Minima Stretch. Untuk penerapan pada template yang lain mungkin istilah yang dipakai pada langkah no.4 diatas berbeda dengan yang dipakai disini atau mungkin walaupun kebetulan sama belum tentu memberikan hasil pengaturan sesuai harapanmu. Untuk kasus seperti ini kamu harus bereksperimen sendiri dengan mencoba-coba kira-kira bagian mana yang merupakan tempat mengatur text alignment isi posting. Untuk mempersempit ruang lingkup pencarian kamu bisa mencari dibagian yang mengandung gabungan kata "post" dan "body" atau bagian yang banyak terdapat kata "wrapper" atau bagian yang ada tag "text-align"-nya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika artikel ini bermanfaat bagimu tolong tinggalkan komentar, atau akan lebih baik lagi bila kamu mengklik salah satu iklan di blog ini. Dan jika ada masalah yang ingin ditanyakan silahkan tulis masalahmu, nanti pasti akan aku jawab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Instal Driver Printer/Scanner Epson L360 di Linux Debian 9 Stretch